Secara sederhana, MPLB adalah
jurusan atau bidang studi yang mempelajari cara mengelola kegiatan perkantoran
dan memberikan layanan bisnis secara profesional dan efisien. Jurusan ini fokus
pada administrasi, manajemen, teknologi perkantoran, komunikasi, dan layanan
pelanggan.
Tujuan MPLB
a. Menguasai administrasi perkantoran dan prosedur kerja yang efektif
b. Mampu mengelola dokumen, arsip, dan sistem informasi perkantoran
c. Memberikan layanan bisnis yang profesional dan efisien
d. Mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajemen di lingkungan kantor
b. Mampu mengelola dokumen, arsip, dan sistem informasi perkantoran
c. Memberikan layanan bisnis yang profesional dan efisien
d. Mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajemen di lingkungan kantor
MPLB adalah jurusan yang mempelajari bagaimana mengelola kegiatan administrasi perkantoran serta memberikan layanan bisnis secara profesional.
1. Administrasi Perkantoran
1. Manajemen
dokumen: pembuatan, penyimpanan, pengarsipan, dan pengendalian dokumen
2. Tata naskah dinas dan surat-menyurat resmi
2. Teknologi Informasi Perkantoran
1. Penggunaan perangkat lunak perkantoran: Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)
2. Pengelolaan database dan arsip digital
3. Komunikasi elektronik: email, aplikasi meeting online
5. Korespondensi dan Komunikasi
1. Menulis surat resmi, memo, dan laporan.
2. Etika komunikasi (telepon, email, tatap muka)
3. Presentasi dan penyampaian informasi secara profesional
